Review Buku 'Kisah Tanah Jawa' - Sleepy Nut Panda

Wednesday, October 9, 2019

Review Buku 'Kisah Tanah Jawa'

Tanah Jawa menyimpan banyak kisah misteri yang takkan habis diceritakan dalam semalam. Sosok misterius, ritual mistis, dan tempat angker, selalu membuat kita penasaran. Buku Kisah Tanah Jawa mengajak pembaca membuka selubung mitos dan mistis yang selama ini hanya menjadi kasak-kusuk di masyarakat.
Image result for kisah tanah jawa buku
Well, kali ini aku akan membahas atau mereview sebuah buku yang cukup menarik, Kisah Tanah Jawa. Review dibawah ini mungkin akan akan sedikit berbeda dengan orang kebanyakan, karena aku sebagai pembaca umum yang mungkin melewatkan pesan-pesan yang sebenarnya disampaikan penulis.

Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang tau atau baca buku ini. Tapi mungkin ada juga yang belum. Nah, mungkin beberapa dari kalian banyak yang baru tau buku ini, ketika salah satu video di channel youtube Raditya Dika dengan bintang tamu tim Kisah Tanah Jawa kan?

Hehe, aku juga. Kalau Raditya Dika nggak kenalin Kisah Tanah Jawa mungkin sampai sekarang aku nggak tau juga.

Tapi bukan itu poinnya.
Singkat cerita, nggak lama setelah itu Kisah Tanah Jawa merilis sebuah buku yang berisi tentang investigasi mereka seputar mitos dan mistis di Pulau Jawa. Dari sini aja cukup menarik ya, khususnya buatku. Sebagai keturunan Jawa, aku sendiri nggak tau menahu tentang mitos-mitos orang Jawa. Tolong dimaklumi ya, soalnya aku cuma numpang lahir di Jawa, tapi besar di daerah ujung Indonesia :)

Mungkin banyak juga yang senasib denganku, orang Jawa tapi nggak kenal dengan Jawa lebih mendalam.

Oke langsung aja, ketika mereka rilis aku langsung tertarik dan pengen segera punya buku ini. Sekitar 2 minggu rilis, aku ke Gramedia tapi sayangnya belum ada. Malamnya, ketika cek Instagram Gramedia yang tadi aku datangi, eh mereka baru nyetok. Nasib deh.

Akhirnya 2 minggu kemudian buku Kisah Tanah Jawa aku beli, yeay.

Langsung aja, dari cover bukunya udah sangat menarik. Background hitam dengan frame kecoklatan, lampu minyak, sudah cukup creepy. Apalagi ditambah sepasang mata yang seakan-akan mengintip dari dalam gelap dibawah tulisan 'Kisah Tanah Jawa'. Menarik kan? Awalnya sepasang mata ini terhiraukan, karena samar jadi nggak terlalu terlihat. Sehari setelah baca, tiba-tiba langsung merinding ketika tau ada mata dibawah judul bukunya. Bagiku ini cukup seram, karena aku bukan orang yang berani.

Di bagian belakang, ada beberapa review dari isi buku, dan ada keterangan 17+. Sesuai sih dengan isi bukunya yang banyak ilustrasi menyeramkan dan ulasan yang menurutku sangat tidak cocok untuk anak-anak. Jadi, yang punya anak belum cukup umur, aku saranin jangan kasih dulu bacaan dalam buku ini. Kalau iya pun, tolong didampingi.

Oh ya, cover belakang juga ada info tentang harga buku Rp99.000 untuk di Pulau Jawa. Tapi, aku beli di daerahku harganya Rp109.000. Yah, mungkin ongkirnya hehe.

Oke, lanjut ke isi bukunya. Kalau menurutku buku ini totalitas banget. Nggak cuma covernya yang seram, isi dalamnya pun demikian. Pembaca disuguhkan juga dengan ilustrasi-ilustrasi berapa topik yang ada didalam buku, seperti ilustrasi beberapa hantu atau makhluk astral yang santer dengan budaya Jawa, beberapa tokoh, dan tempat yang ada di Pulau Jawa. Khususnya ilustrasi tentang makhluk astral ini bagiku cukup menyeramkan, dan ilustrasi beberapa kejadian yang seakan-akan bisa dibayangkan secara nyata.

Selain ilustrasi yang bagus tadi, dari bahan kertas bacaan juga beda dari buku kebanyakan, cukup tebal satu lembarannya. Aku ngga tau nama bahannya, tapi ini sangat oke. Apalagi semuanya itu full color. Eh, walau dominan dengan warna hitam sih. Tapi rasa-rasanya seperti sedang membaca buku berumur puluhan tahun.

Nah, dari topik yang dibahas didalamnya, benar-benar seakan kitab sejarah, mitos-mitos, dan budaya di Pulau Jawa. Buku ini benar-benar berisi info-info menarik, khususnya untuk orang-orang keturunan dari Pulau Jawa tapi tidak besar di Jawa.

Mulai dari sejarah pembangunan beberapa fasilitas dari jaman penjajahan Belanda dan Jepang, mitos-mitos mengenai santet dan pelet, Kejawen dan masa imperialisme di Jawa, bahkan kisah-kisah yang sering dianggap mitos dalam sehari-hari di masyarakat Jawa ada didalam buku ini.

Buku 'Kisah Tanah Jawa' benar-benar aku rekomendasikan untuk kalian, keturunan Jawa yang tidak besar di Jawa untuk baca buku ini. Tapi, menurut pengalamanku, aku masih butuh bimbingan orang-orang yang benar-benar besar dan tau dengan mitos yang ada di Jawa untuk menjelaskan lebih dalam supaya aku bisa paham buku ini, hehe.

Sekian, silakan yang mau berbagi pengalaman kalian, atau komentar kalian tentang buku Kisah Tanah Jawa, tulis di bawah sini!

Oh ya, hindari beli buku bajakan ya!

No comments:

@way2themes