LCD Laptop Rusak - Sleepy Nut Panda

Monday, May 7, 2018

LCD Laptop Rusak

Hampir satu tahun ini, laptop kesayanganku bermasalah. Kalau dibilang masalah umur sih, masih oke-oke aja, baru sekitar 3 tahun umurnya. Btw, laptopku ini merek Acer Aspire E14 Seri E5-473.
Simak dulu yuk ceritaku, siapa tau kamu senasib denganku!


Masalah bermula disaat hari sangat cerah. Masa-masa menjelang liburan, masa-masa anak sekolah tingkat akhir tiap jenjang bakal menghadapi Ujian Nasional. Aku, sebagai guru, juga sibuk pastinya. Walau bukan guru mapel UN, tapi kebetulan tahun 2017 sekolah kami bakal ngadain UNBK pertama kali. Dan, sibuknya aku karena ditunjuk sekolah untuk menjadi petugas Teknisi UNBK. Karena jadi beban tiap hari bawa laptop, akhirnya aku tinggalkanlah lappy kesayangan yang ga pernah tinggal di rumah.

Hari itu kebetulan adikku libur, dan dia senang karena bisa nggame di laptopku. Tapi, cerobohnya dia, selesai main laptop tidak diletakkan di tempat yang aman. Alhasil, ketika adik bungsuku yang masih lasak main disekitar dia, laptopku terinjak.

Apa yang rusak?
LCD monitornya pecah! Yeay!

Awalnya cuma bentuk hitam tak beraturan sekitar setengah jengkal di sisi kanan, tapi lama kelamaan menyebar dan berakhir tak kelihatan sama sekali, tetapi dalam posisi laptop masih hidup tanpa ada masalah.
Ketika connect dengan infokus disekolah pun, tidak ada masalah. Semua normal.

Gambar ilustrasi, kurang lebih begini
Sumber: www.technosamrat.com

Akhirnya tergeletaklah laptopku hampir setahun lamanya.
Untuk mesin sih masih oke, tapi ribet juga kan kalo monitornya rusak.

FYI, aku udah berusaha cari solusi dan tanya ke tempat service laptop, memang harus ganti LCD-nya. Tapi, lumayan susah. Apalagi LCD laptopku ini 30 pin, yang katanya seri yang lumayan baru. Sementara di pasaran kebanyakan 40 pin. Kalau mau ganti pun, harus nunggu sekitar 2 mingguan, karena stok memang terbatas dan langka di Batam. Dan, setelah banyak survei, harga untuk LCD second sekitar 500ribu - 750ribu, tergantung gimana kamu tawarnya, hehe. Kalau yang baru bisa sampai 900ribuan.
Alhamdulillah, baru selesai diganti kemarin karena dapat stok di tempat langganan. LCD nya masih baru, harganya 850ribu.

Nah, itu satu dari beberapa masalah yang terjadi sama laptop kesayanganku. Apa kamu pernah ngalamin juga? Monggo di share pengalamannya di komentar.

No comments:

@way2themes