[Karakter] Final Fantasy Tactics Advance (part 1) - Sleepy Nut Panda

Wednesday, April 5, 2017

[Karakter] Final Fantasy Tactics Advance (part 1)

Ciaossu!

Aku kembali lagi akan ngebahas tentang Final Fantasy Tactics Advance. Yep, salah satu game jadul favorit aku /heheh/ Sebelumnya aku juga udah membahas tentang gameplay dan plotnya disini. Apa ada yang udah pernah namatin seri Final Fantasy ini? Yuk sharing disini, kasih masukan biar aku bisa namatin game ini juga /tanpa ngecheat ya kalo bisa.
Dan, kali ini aku akan bahas karakter-karakter yang muncul di cerita FFTA. Check this out!


Marche Radiuju
Marche Radiuju adalah protagonis utama di FFTA. Ketika baru pindah ke St Ivalice, Marche sulit beradaptasi sampai ia berteman sama si pemalu Mewt Randell dan Ritz Malheur yang blak-blakan banget. Ketika trio ini menemukan sebuah buku kuno bersama dengan adik Marche, Doned, mereka dibawa ke dunia magis Ivalice. Marche bersumpah untuk mengembalikan ia dan teman-temannya kembali ke dunia nyata mereka.
Model rambut Marche mirip dengan Ramza Beoulve di Final Fantasy Tactics, rambut pirang dengan ahoge alias rambut anti gravitasi. Di St. Ivalice, Marche memakai syal putih dan sweater biru dengan celana pendek coklat. Ketika St. Ivalice berubah menjadi Ivalice, Marche memakai piyama tidur berwarna hijau sebelum pakaiannya berubah menjadi kaos biru dengan tudung merah. Di bahu, siku dan lututnya terdapat pengaman dari perak yang diukir. Sabuk silang melilit di celana coklatnya, dan ada saku kecil untuk menyimpan Law Card.
Marche adalah anak yang keras kepala dan memiliki rasa keadilan yang kuat. Terkadang Marche berpendapat keras terhadap sesuatu yang ia pikirkan tanpa melihat dari sudut pandang orang lain, yang sering membuatnya bermasalah dengan orang jika sedang berbagi pendapat.

Marche dan adiknya yang sakit, Doned, pindah ke St. Ivalice mengikuti ibunya yang percaya jika perubahan lingkungan akan sangat bagus untuk kesehatan Doned. Keluarga Radiuju sebelumnya pernah tinggal di tempat panas dimana tidak pernah turun salju.
Di sekolah, Marche dijuluki "Anak Baru" oleh Lyle, Colin, dan Guinness si tukang bully, dan sering diganggu karena sangat pendiam seperti "anak gadis", tapi Marche mengabaikan mereka. Ia berteman dengan Mewt Randell, dan Ritz Malheur si ketua kelas.
Ketika di Ivalice, Marche menerima pertolongan Montblanc yang menjadi pemandunya di negeri Ivalice. Marche bergabung dengan clan Montblanc bernama Clan Nutsy, yang membuatnya menjalankan misi untuk mengembalikan dunia menjadi normal dan menemukan teman-temannya. Job Class pertama Marche ketika berada di Ivalice adalah Soldier.

Ritz Malheur
Ritz Malheur adalah heroine di FFTA. Ketua kelas yang keras kepala, ia muncul sangat menonjol dan terkesan berkuasa, tapi memiliki sisi yang rapuh. Shara si viera adalah rekannya dan selalu menghiburnya berulang kali di game.

Ritz adalah gadis berkulit pucat dengan mata hijau dan hampir di semua bagian di game rambutnya berwarna pink. Rambutnya sebenarnya berwarna putih, tapi ia menyemirnya karena ia malu. Di St. Ivalice ia memakai terusan berwarna ungu dan mantel putih panjang, sepatu bot coklat dan sebuah jepit rambut. Di Ivalice pakaiannya tak lagi bertemakan musim dingin, ia memakai terusan berwarna pink dengan sabuk tas yang melilit dibagian tengah. Ia memakai pelat lapis baja di pundak, dada, dan lengan kirinya, sementara tangan kanannya terekspos, dan ia memakai sepatu coklat dengan kaus kaki panjang sampai diatas lutut. Di akhir game Ritz terlihat dengan penampilan alaminya, rambut putihnya juga.

Ritz bisa digambarkan sangat blak-blakan, suka memerintah, dan sangat menentang pengelompokan derajat sosial dan ras. Bagaimanapun, ia memiliki sisi lemah dan sensitif saat ia memutuskan untuk menyemir rambutnya supaya tidak terus-terusan diganggu. Ia juga menunjukkan sisi baik, ramah, loyal, dan suportif ketika ia memutuskan untuk tinggal di Ivalice dengan rambut merah. Ketika ia menyadari niat Marche, ia tetap membantu Marche berulang kali, bukan menentangnya. Akhirnya setelah ia bicara dengan Shara mengenai rambut putihnya, Ritz mampu menerima dirinya dan melangkah maju.

Jika Ritz dan Shara terekrut setelah game utama selesai, ada adegan spesial yang muncul. Di adegan itu, Ritz bertanya kepada Shara apakah dia "manis". Shara menyarankannya untuk bertanya pada Marche, yang tiba-tiba muncul kemudian, tapi Ritz mengalihkan pembicaraan. Diperkirakan Ritz punya perasaan kepada Marche /uh, kapalku/

Meskipun seorang manusia, hampir di keseluruhan game Ritz diperlakukan seperti seorang viera, yang berhubungan dengan pernyataan Shara jika Ritz memiliki "Karunia Viera". Job Ritz hanya bisa berubah sesuai job viera, dan Totema yang di summon-nya adalah Exodus (Totema ras Viera). Tapi di FFTA Radio Edition, Ritz men-summon Mateus (Totema ras manusia).

Karena ia sering diganggu karena warna rambutnya di dunia nyata, Ritz mempunyai keinginan kuat untuk menjaga dunia magis Ivalice. Marche pertama kali bertemu Ritz dan Shara di Nubswood ketika menjalankan misi The Cheetahs. Setelah misi selesai, Ritz memberitahu Marche jika Ivalice tercipta berdasarkan Final Fantasy dan mengatakan pada Marche untuk tidak usah berharap padanya untuk mengembalikan dunia seperti semula.
Di dunia Ivalice, job-nya selama alur cerita adalah Fencer, Red Mage, dan Elementalist. Ritz bisa direkrut ke dalam Clan Nutsy setelah menyelesaikan misi Mortal Snow. Jika ditolak, ia bisa kembali direkrut melalui misi Ritz's Offer. Ketika sudah terekrut, Ritz membawa equipment berupa Femme Fatale, Galmia Set, dan Ribbon. Ia akan bergabung sebagai Fencer, dan job-nya bisa diubah sesuai dengan job dan skill yang sudah dipelajari.

Mewt Randell
 
Mewt Randell adalah karakter utama dari FFTA yang muncul juga di Final Fantasy Tactics A2: Grimoire of the Rift. Di kehidupan nyata, ia adalah anak yang pemalu dan kerap dibully, tapi berteman juga dengan Marche Radiuju dan Ritz Malheur.
Di dunia nyata, ia berambut coklat acak-acakan, mata sayu, dan hoodie hijau. Ketika dunia bertransformasi, ia mengenakan baju lengan panjang kuning, celana merah, tudung oranye, dan membawa tongkat panjang. Rambutnya dibuat seperti dua 'tanduk keatas', dan tato mantra di keningnya. Di FFTA2: Grimoire of the Rift, 16 tahun kemudian dari cerita FFTA, Mewt kembali muncul di dunia nyata dengan mengenakan kacamata. Ia memakai kemeja lengan panjang dengan dasi merah, celana oranye dan sepatu coklat. Penampilan ini ia gunakan ketika bekerja sebagai pustakawan.

Mewt adalah anak yang pendiam, yang selalu menjadi target bully di sekolahnya. Ibunya sudah meninggal dan ayahnya, Cid, terjebak oleh keadaan berat dan menjadi pecandu alkohol. Ketika  kampung halamannya berubah seperti permainan video favoritnya, ia diberikan segalanya yang ia inginkan, dan membangun tingkatan posisi yang kompleks. Pilihannya untuk berada di dunia yang baru atau kembali ke kehidupannya yang tak sempurna, menjadi konflik utama antara dirinya dan Marche.

Di FFTA, karakter Mewt tidak dapat dimainkan.

Doned Radiuju

Doned Radiuju adalah adik Marche. Ia pertama kali diperkenalkan sebagai anak yang duduk di kursi roda dan penyakitan. Meskipun ia duduk di kursi roda di dunia nyata, tapi ia bisa berjalan di dunia khayalan Ivalice. Ia juga tak mempunyai keinginan untuk kembali ke dunianya yang sesungguhnya, sampai Marche menghadapinya dan menjelaskan bagaimana perasaannya yang sesungguhnya. Dalam satu kesempatan, Doned berupaya menggagalkan keinginan Marche dengan mencuri Materite-nya yang akan digunakan di Bervenia Palace pada Present Day alias Hari Hadiah.
Terlepas dari itu, Marche masih bisa membuat hadiah dengan bantuan Nono. Setelah upaya sabotase Doned terhadap Marche di beberapa kesempatan, Marche memintanya untuk bertemu di Tubola Cave. Disini Marche mengutarakan perasaannya tentang perlakuan istimewa Doned dari ibu mereka dan menjelaskan bahwa ibu mereka sangat peduli dengan Doned, tapi tidak dengan Marche. Doned akhirnya mengerti ambisi saudaranya dan setuju untuk membantunya.

Di akhir game, kembali ke dunia nyata St. Ivalice, Doned sekali lagi diperlihatkan duduk di kursi roda. Bagaimana pun, ia terlihat sudah menerima kondisinya dan tampak berteman dengan beberapa orang dan mengajarinya bagaimana cara bermain Final Fantasy.

Montblanc
Montblanc adalah seorang Moogle pekerja keras, dan kemunculannya selalu memimpin sebuah clan. Ia menemukan Marche setelah St. Ivalice berubah menjadi negeri Ivalice, dan kemudian memutuskan untuk menolongnya untuk mengembalikan dunia kembali normal. Ia adalah saudara tertua dari enam Moogle bersaudara, Nono, Hurdy, Gurdy, Horne, dan Sorbet.

Montblanc memiliki rambut pirang licin ke belakang. Montblanc adalah moogle pertama yang memiliki rambut di kepalanya, bukan bulu, dengan warna yang berbeda. Pompom dan sayapnya berwarna oranye, dan bulunya berwarna coklat. Di FFTA, ia adalah satu-satunya moogle dengan warna pompom yang berbeda (moogle lain berwarna merah).
Kemunculannya di berbagai seri game,  ujung telinganya berwarna coklat yang berbeda dari kebanyakan moogle lainnya. Montblanc memakai kaus leher panjang yang lebar dan jaket hijau dengan lining kuning. Ia memakai celana berwarna pink-oranye lembut dan sabut coklat. Ia juga memakai sepatu coklat.

Kepribadian Montblanc sangat baik dan selalu ingin membantu orang lain yang kesulitan. Di FFTA Radio Edition, Montblanc bersuara keras dan mudah marah, terutama dengan adiknya, Nono. Ia sangat handal, ketika ia dipercaya Marche untuk membantunya mengembalikan Ivalice menjadi normal. Melihat ia selalu memimpin sebuah clan, diasumsikan Montblanc terlahir sebagai pemimpin alami oleh orang-orang yang percaya penilaiannya.

Sebagai salah satu karakter utama, Montblanc tidak bisa menjalankan misi dispatch. Montblanc bisa dihapus permanen di game dengan membiarkannya mati di Jagd. Akan ada sebuah adegan singkat yang muncul ketika Marche mengucapkan selamat tinggal pada temannya. Ada dua adegan berbeda: adegan seperti biasa, Montblanc akan mengatakan maaf karena ia pergi, tapi ia punya hidup yang menyenangkan. Di misi "Jagd Hunt", Marche akan memanggil Montblanc untuk pergi ke Baguba Port, tapi Montblanc hanya diam saja. Kedua adegan tersebut Marche akan memanggil namanya dua kali, Montblanc menghilang dan Marche tak bisa melihatnya lagi.
 
Yapz, mungkin 5 karakter utama dulu ya yang aku bahas. Karakter-karakter pendukung lainnya bakalan nyusul ya.
Ciao!

3 comments:

@way2themes