[Karakter] Final Fantasy Tactics Advance (part 2) - Sleepy Nut Panda

Thursday, February 13, 2020

[Karakter] Final Fantasy Tactics Advance (part 2)

Ciaossu!

Lanjutin lagi ya karakter-karakter utama dan semi-utama /apaan sih/ yang ada di FFTA. Sebelum postingan ini, aku juga udah bahas tentang gameplay dan plotnya, dan juga karakter FFTA bagian 1.
Di bagian 1, karakter yang baru dibahas ada Marche, Ritz, Mewt, Doned, dan Montblanc. Bisa dikatakan merekalah karakter utama dari seri FFTA.
TAPI...
Karakter-karakter selanjutnya dibawah ini gak kalah penting perannya loh. Apalagi, antagonisnya belum dibahas.

Yap, sekali lagi aku kasih tau, game FFTA ini adalah game yang bisa dikategorikan cukup jadul. Grafiknya gak semulus Battlefield V atau se-unyu Fortnite. Tapi postingan ini dibuat untuk mengingat legend kok /bagiku. Apalagi gamers saat ini pasti lebih banyak condong ke game online kan? Bahkan ada yang bilang, kalo nggak main game online itu bukan GAMERS /tai.
Langsung aja deh ya, dari pada nanti isi postingan ini malah nge-rant pula /hehe.

Shara
Shara adalah salah satu karakter yang dapat dimainkan. Ia adalah seorang viera yang ahli dalam panahan dan salah satu anggota clan yang dipimpin Ritz yang sangat mudah bergaul. Masa lalunya masih misterius, dan nggak banyak yang diketahui tentangnya. Seperti Ritz, Shara juga memiliki rambut berwarna putih.

Shara adalah viera bertubuh kurus tinggi dan memiliki rambut putih alami yang ia sebut sebagai "berkah" berdasarkan tradisi rasnya. Ia membawa sebuah busur dan memakai atasan kerah tinggi tanpa lengan berwarna hijau yang menampakkan tubuh bagian tengahnya dan rok senada dengan sepatu tinggi.

Ia memiliki sikap serius seperti viera lainnya dan berteman dekat dengan Ritz sejak ia tiba di Ivalice. Selama misi 'A Maiden's Cry', Marche dan Ritz tau jika Shara takut pada laba-laba dan Antlion Larva.

Shara selalu mengikuti Ritz kemanapun ia pergi, dan hadir di setiap pertempuran dimana Ritz bertarung, artinya Marche harus bertarung dengannya juga ketika menjelang akhir game, ketika Ritz mencoba menghentikannya untuk mengembalikan dunia seperti sebelumnya. Ketika akhirnya dunia mulai kembali seperti sedia kala (dimana mulai turun salju), Shara menghibur Ritz yang tak ingin kembali ke dunia dimana rambutnya berwarna putih, dengan memberitahunya bahwa rambut putih adalah anugerah bagi viera.

Cid Randell 
Judgemaster Cid adalah ayah Mewt Randell di FFTA, dan di Ivalice World, sebagai Judgemaster, pemimpin dari para Judge (Hakim) penegak hukum di Ivalice World. Selain melaksanakan tugas-tugas layaknya hakim normal, ia juga mempunyai kekuatan untuk mengeluarkan Advanced Law seperti Red Card (Kartu Merah) kepada karakter yang melanggar hukum.

Cid adalah pria tinggi dengan jenggot tipis dan rambut coklat acak-acakan yang diikat kebelakang. Sebelum Ivalice berubah, ia terlihat mengenakan jaket kulit dengan pinggiran bulu dan celana hijau, serta berdiri agak membungkuk. Sementara di Ivalice World, ia terlihat tegap dan selalu memakai armor tradisional Hakim, tapi tanpa helm.
Di dunia nyata, Cid adalah pria yang terpuruk pada masa-masa sulit setelah kematian istrinya, membuatnya menjadi pemabuk. Setelah tiba di Ivalice, sikapnya berubah menjadi Judgemaster yang disiplin, teguh, dan menyuarakan moral layaknya Judgemaster yang menjaga perdamaian dan ketertiban, sesekali ia juga mencoba meluangkan waktu untuk akrab dengan putranya, Mewt.

Setelah ke-300 misi selesai, misi bonus Corrupt Judges pertama akan muncul di pub. Sebelum misi engangement di Cadoan, Judgemaster Cid akan tiba dan mengambil posisi player dalam pertempuran. Setelah misi selesai, Cid akan meminta untuk bergabung ke Clan Nutsy. Jika ditolak, ia dapat kembali di rekrut melalui misi Cid's Mission. Judgemaster Cid adalah Judgemaster, seperti namanya. Ia dilengkapi armor berat dan perisai, dan Knightsword seperti Paladin. Satu kelemahan Cid adalah ia tidak memiliki Secondary Action, Reaction, Support, atau Combo, dan ia tak bisa mempelajari apapun dari item apapun. Dan juga ia tak mempan terhadap Haste.

Babus Swain
Babus Swain adalah asisten nu mou Mewt Randell di FFTA. Seorang penyihir berpengalaman dan akan melakukan apapun demi melindungi Mewt.

Penampilan Babus berbeda dari nu mou lain, tubuhnya berwarna putih bukan abu-abu, tidak memiliki seumbul rambut dikepala, dan berhidung bulat. Ia membawa tongkat besar dan mengenakan pakaian mirip Sage, tetapi berbeda skema warnanya dan tidak memakai topi.

Babus adalah seorang hamba yang berdedikasi dan setia kepada Prince Mewt, dan sering menggunakan sihirnya yang kuat untuk melacak penjahat dan melaksanakan perintah atas nama Mewt. Ia berbicara dengan sikap cerdas dan terkadang bisa menjadi angkuh.

Babus dapat direkrut setelah menyelesaikan misi Left Behind dan With Babus. Jika ditolak, ia bisa di rekrut kembali di misi Doned Here.

Setelah menyelesaikan misi Left Behind, Babus meminta Marche untuk membantunya menemukan item hilang milik Mewt di Ambervale. Pada misi With Babus, Marche bergabung dengan Runeseeker di gua Ambervale yang terbuat dari berbagai macam kristal warna-warni. Penampakan Queen Remedi muncul di sekitar kristal biru dan hijau, dan mengecam Babus karena menentang dirinya. Babus menyatakan pengabdiannya kepada Prince Mewt dan mengatakan jika Queen Remedi sesungguhnya hanyalah hantu. Setelah Remedi dan koloninya dikalahkan, Remedi berubah menjadi boneka beruang, item hilang yang dicari Babus. Marche menghibur sang Runeseeker, mengatakan padanya untuk menyimpan boneka beruang itu sebagai kenangan Prince Mewt. Babus setuju dan menawarkan untuk bergabung dengan klan Marche.

Babus bergabung sebagai seorang Runeseeker dan dapat memakai equip mace. Skill utamanya adalah Rune dan ia bisa juga menggunakan item.

Ezel Berbier
Ezel Berbier adalah pencipta Anti-Law di Ivalice World. Ia bukan penggemar hukum, dan selalu mencoba mengusik para Hakim kapanpun ia bisa.

Pakaian Ezel mirip seperti pakaian Alchemist. Matanya biru dan kulitnya lebih gelap dari nu mou kebanyakan, dengan pink tipis di ujung hidungnya senada dengan lubang telinganya yang memakai anting warna-warni.

Ezel Berbier dikenal sebagai pembuat masalah oleh kebanyakan masyarakat Ivalice dan digambarkan sebagai ilmuan gila. Ia pernah dijuluki "Eksentrik Bodoh", tapi ia mengacuhkannya dan menganggap mereka cemburu akan kejeniusannya. Ia tak menyukai hukum dan otoritas, dan terkadang terlihat berlatih menyeringai.

Ezel juga tampak cukup materialistis, seperti ia meminta bayaran gil sangat tinggi untuk ciptaannya, dengan bayaran 80.000 gil untuk satu buah kartu, yang meskipun tak benar-benar selalu tepat seperti ciptaannya yang diminta unik dan cukup kuat, terkadang malah berakhir dengan klien yang jengkel dan marah terhadapnya.

Meskipun kebiasaannya aneh, Ezel bisa cukup sportif dan sangat membantu, khususnya pada pihak yang mau membantunya seperti Marche, dengan memberi mereka misi untuk ciptaannya atau memberi mereka.

Nono
Ffta-nono
Nono adalah Gadgeteer magang yang menjalankan sebuah toko melayang alias diatas pesawat gitu yang disebut Brilliante dalam FFTA Radio Edition. Setelah pesawatnya ditabrak lari, Clan Nutsy bertemu dengannya di Baguba Port dan setuju untuk menghadapi para pelaku di Jagd Dorsa. Kemudian, misi itu diulang lagi ketika ia diserang lagi.

Nono disebutkan oleh Montblanc karena membuat "lugaborg" yang terbuat dari Materite, yang merupakan hadiah untuk Audience Day.


Nah, segini dulu bahas karakter di FFTA. Part selanjutnya akan aku ulas tentang karakter jahat atau antagonis yang ada di FFTA. Ya kali, ga ada musuhnya kan ga seru!

No comments:

@way2themes